Pembangunan Desa Berdaya

  • SALMAN ALFARIZI
  • Sep 24, 2021
  • Dusun Krajan, Rt 001 Rw 001, Desa Maesan, Kecamatan Maesan

Desa Maesan, Bondowoso, Jawa Timur – Pada Kamis (03/10/2022) Desa Maesan. Program pertama sekaligus program utama yakni Re-branding Kampoeng Siongan dan program kedua berfokus pada legalisasi UMKM di Desa Maesan.

Kampoeng Siongan (kampung lele) merupakan program Desa Berdaya yang diprakarsai oleh Bumdes Desa Maesan. Program ini ditujukan untuk membentuk Trade Mark bagi Desa Maesan dimana pertumbuhan budidaya serta UMKM yang berkaitan dengan lele mulai tumbuh subur dan menampakan prospek yang cukup menjanjikan. Selain menjadi sebuah Trade Mark, Kampoeng Siongan nantinya dimaksudkan untuk menjadi wisata edukasi, kuliner, serta sarana untuk mengenalkan produk UMKM pilihan di Desa Maesan.

Mulai di publikasi sejak tanggal 13 Juni 2022, saat ini Kampoeng Siongan telah memasuki tahap pelengkapan dokumen sebelum mulai dibangun di titik yang telah ditentukan sebagai pusat kegiatan. Melalui beberapa kesempatan berdialog dengan tim Desa Berdaya Kampoeng Siongan, terdapat beberapa kendala yang dihadapi dalam upaya pengenalan Kampoeng Siongan kepada publik. Dikarenakan citra brand Kampoeng Siongan yang sebelumnya dirasa kurang menarik atensi publik, Desa Maesan untuk melakukan Re-branding Kampoeng Siongan.

Program kerja Re-branding Kampoeng Siongan yang dilakukan meliputi pembuatan ulang master design logo dan feeds, pembuatan beberapa media sarana publikasi, serta project bersama dalam upaya pendampingan tim kampoeng siongan agar nantinya program branding Kampoeng Siongan dapat menjadi program yang berkelanjutan.